SDN 1 Bangsri Kertosono TENTANG KAMI VISI MISI TUJUAN SDN 1 BANGSRI

VISI MISI TUJUAN SDN 1 BANGSRI

A. Visi

 “ Terwujudnya peserta didik yang Rabbani, berkarakter Pancasila, Cakap dan Bertanggung Jawab

Adapun indikator ketercapaian dari visi di atas, antara lain:

  1. Peserta Didik yang Rabbani :
  • Memiliki pengetahuan tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah
  • Mengimplementasikan pengetahuan agama yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengajarkan kepada orang lain dari ilmu yang di ketahuinya

      2. Berkarakter Pelajar Pancasila :

  • Membentuk pelajar pancasila, yang kompeten dan berkarakter.
  • Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila (mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan).

      3. Cakap;

  • Terampil dalam berpikir kritis,
  • Berkreatifitas dan berinovasi menghasilkan karya.
  • Terbiasa memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

     4. Bertanggung Jawab;

  • Melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh,
  • Mengembangkan rasa kepedulian, nasionalisme, dan patriotisme.
  • Menerapkan budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi.

B. Misi

Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut: Membentuk generasi yang tekun melaksanakan ibadah baik wajib maupun sunnah. (Representasi dari Generasi Rabbani)

  1. Membentuk generasi yang tekun melaksanakan ibadah baik wajib maupun sunnah. (Representasi dari Generasi Rabbani)
  2. Membentuk generasi yang mampu membaca Al-Qur’an dengan benar dan Tartil. (Representasi dari Generasi Rabbani)
  3. Membentuk generasi yang santun dalam bertutur dan berperilaku. (Representasi dari Generasi Rabbani)
  4. Mengembangkan karakter cinta tanah air, rasa solidaritas dan toleransi peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler (Representasi dari Berkarakter Pancasila)
  5. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif melalui intrakurikuler dan projek profil pelajar Pancasila. (Representasi dari Berkarakter Pancasila)
  6. Membentuk peserta didik unggul dan berprestasi dalam bidang akademik dan Non Akademik. (Representasi dari Cakap)
  7. Membentuk peserta didik yang melek digital (cakap dan mampu mengoperasionalkan dan memanfaatkan internet dengan baik)
  8. Membentuk peserta didik yang terampil, dan mampu berinovatif, serta kompetitif dalam ilmu pengetahuan umum, digital dan ilmu pengetahuan Agama. (Representasi dari Cakap)
  9. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat siswa. (Representasi dari Cakap)
  10. Membangun dan memfasilitasi pencapaian minat bakat siswa dengan menanamkan 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial). (Representasi dari Cakap)
  11. Mengembangkan life skill peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. (Representasi dari bertanggung jawab)
  12. Mengembangkan karakter peserta didik melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lingkungan dan pengembangan kultur sekolah. (Representasi dari bertanggung jawab)
  13. Mengembangkan potensi diri peserta didik menjadi manusia yang tangguh menghadapi persaingan global. (Representasi dari bertanggung jawab)
  14. Mengembangkan budaya bersih, sehat, peduli, dan santun. (Representasi dari bertanggung jawab)

C. TUJUAN 

Tujuan yang ingin dicapai SD Negeri 1 Bangsri sebagai bentuk untuk mewujudkan Visi dan Misi  sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan Jangka Panjang (5 tahun)
  • Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  • Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

      2. Tujuan Jangka Menengah (3 tahun)

  • Menanamkan kepada siswa nilai-nilai Islami dan akhlak mulia secara komprehensif dan kontekstual.
  • Membentuk karakter pembelajar berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
  • Menyusun beban belajar bagi pelajar yang mandiri namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
  • Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
  • Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SD, baik akademik dan non akademik.
  • Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

      3. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun)

  • Peserta didik dapat membiasakan perilaku disiplin, datang tepat waktu dan berjabat tangan serta mengucap salam dengan Bapak/Ibu Guru di gerbang sekolah sebelum jam masuk sekolah. (Setiap hari sebelum jam masuk sekolah)
  • Peserta didik terbiasa membaca do’a, menghafal surah-surah pendek dalam Al-Qur’an, membaca Asmaul-Husna, sebelum pembelajaran dimulai. (Setiap hari sebelum jam masuk sekolah)
  • Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah (sholat Dhuha berjamaah di sekolah) (satu bulan sekali di minggu pertama)
  • Membentuk peserta didik berkepribadian santun dalam bertutur kata dan perilakunya di kehidupan sehari-hari. (Penanaman Akhlak setiap hari di akhir pembelajaran)
  • Memfasilitasi Proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik (pembelajaran berdiferensiasi) (setiap pembelajaran)
  • Mewujudkan digitalisasi sekolah. (dua tahun sekali di Bulan Januari)
  • Membentuk karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila (Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada semua mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek) (P5 Bulan Desember 2023 dan Juni 2024)
  • Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah dengan menggalakkan kegiatan sosial seperti kerja bakti kebersihan lingkungan, membantu korban bencana, santunan anak yatim dan fakir miskin, menjenguk yang sakit dan sebagainya. (Insidental)
  • Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah (merancang dan menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal). (Satu semester sekali di awal semester)
  • Menumbuhkan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis (Mengintegrasikan project based learning pada semua mata pelajaran).
  • Meningkatkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang dapat memotivasi keinginan selalu belajar sehingga meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa (Insidental)
  • Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi. (E Raport setiap akhir semester)
  • Penguasaan 6 literasi dasar (Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi (Membekali pelajar mampu menjawab minimal 75% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 s/d 3 dengan benar) (Tiga bulan sekali)
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar (TPQ, sanggar, sekolah lanjutan, dunia usaha dan industry, ataupun stackholder) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta Setiap minggu sekali dalam kegiatan Ekstra Kurikuler)

 

Ada Yang Ditanyakan Atau Saran

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa Yang Ingin Anda Tahu